Monday, February 27, 2012

Cara Fitnes yang Baik dan Kurang Baik

Cara fitnes yang baik dan kurang baik perlu diketahui bagi Anda yang akrab dengan pusat kebugaran. Tanpa Anda sadari, ada beberapa hal yang telah terbiasa dilakukan sebelum ataupun saat fitnes, dan ternyata hal-hal itu membahayakan diri Anda. Berikut ini hal-hal yang perlu Anda perhatikan saat berolahraga.
  • Kebiasaan baik
  • Pemanasan. Anda yang biasanya menyepelekan kegiatan ini bahkan tidak pernah melakukan pemanasan saat olahraga dimulai, segera hentikan kebiasaan ini. Otot yang tidak melewati pamanasan terlebih dahulu lebih mudah cedera. Oleh karena itu cobalah untuk mempersiapkan otot-otot sebelum latihan dimulai.
    Sering peregangan. Peregangan memiliki kondisi yang hampir sama dengan pemanasan, dimana kegiatan satu ini sering dilupakan. Dengan peregangan, tubuh dapat lebih fleksibel, mampu melakukan gerakan-gerakan sulit dan tentunya mengurangi resiko cedera. Waktu yang tepat untuk melakukan peregangan ialah sesaat setelah selesai berolahraga, karena otot-otot masih terasa "hangat."
    Selalu membawa botol minum. Jangan sampai tubuh Anda kekurangan cairan, dan usahakan minumlah sebelum Anda haus.
    Mintalah pada pelatih atau instruktur fitnes untuk mendampingi selama latihan. Walaupun Anda merasa familiar dengan alat-alat fitnes namun belum tentu Anda menggunakan alat tersebut dengan benar. Misalnya, yang seharusnya dilakukan selama 15 menit, Anda melakukannya 30 menit. Jika tidak hati-hati Anda dapat terkena cidera. Oleh karena itu pastikan Anda melakukan latihan sesuai dengan apa yang diinstruksikan oleh instruktur, terlebih jika Anda ingin membentuk badan sesuai keinginan.
  • Kebiasaan tidak baik
  • Mengangkat terlalu banyak beban. Salah satu hal ini merupakan kebiasaan tidak baik saat Anda berada di tempat fitnes. Jangan karena merasa Anda mampu atau otot Anda yang besar sehingga berani mengangkat beban berlebihan. Hal ini bisa menyebabkan cedera. Kalaupun Anda ingin menambah beban, diskusikan dengan instruktur fitnes Anda.
    Menggunakan terlalu sering alat "bersandar" seperti Stair-climbers, elliptical machines, cross trainers, dan treadmills. Alat-alat yang membuat punggung Anda bersandar jika digunakan terlalu sering dapat mencederai pergelangan tangan dan punggung. Dan sekali lagi, diskusikan kembali penggunaan alat fitnes dengan instruktur.
    "Bermain-main" dengan alat-alat berat. Jika Anda merasa tidak kuat mengangkat beban atau tidak mengetahui cara menggunakan alat fitnes, jangan sekali-kali menggunakannya dengan bermain-main. Cedera bisa saja menghampiri Anda karena "bermain-main" dengan alat fitnes.
    Mengkonsumsi banyak makanan dan minuman sebelum berolahraga. Jika Anda termasuk orang yang mengkonsumsi makanan berlebihan, walaupun dilakukan dua jam sebelum olehraga dimulai (dan ini merupakan hal yang benar). Namun mengkonsumsi makanan dan minuman berlebihan sebelum berolahraga tidaklah baik. Ada baiknya Anda mengecek label makanan atau minuman dan mengetahui kandungan kalori, lemak dan lainnya agar latihan Anda tidak sia-sia.

9 comments:

indra sukmawati said...

kan sekarang lagi ngetrend senam zumba ya, lebih efektif mana untuk menurunkan berat badan, senam aerobik atau senam zumba? trus untuk baju senamnya, lebih murah mana antara zumba dan aerobik? thx ya min :)

Anonymous said...

Salam kenal sis. wow. . tertarik banget nih sis untuk nyobain senam aerobik, tapi bagusan mana ya zumba atau aerobik?. oh iya kalau boleh tau baju senam yang dipakai pas senam aerobik itu seperti apa ya?

Bima B said...

salam kenal Gan...
Trims Infonya Sangat Membantuu...
oya untuk Gan dan sis yg mau cari baju senam terbaru silakan kunjungi wab kami di www.BajuSenamGrosir.com
MOga Sukses

mala handis said...

Thank infonya, tapi sedikit mau tanya ya...ada teman saya, yang aktif banget ikut senam aerobik, akan tetapi disetiap berangkat pasti minum Teh hangat dulu, itu kenapa ya ? dan apa diharuskan disetiap ikut senam aerobik harus minum air manis, kalau bisa ma ane sekalian minta penjelasaanya. dan sekalian minta bantu ni gan, saya lagi nyari ni baju aerobik wanita yang murah dan berkualitas.. thank

Lala Aero said...

Jd pengen ikut zuba tapi gak punya baju zumba kalo kira2 toko yang jual baju senam zumba harganya terjangkau dimana ya...
mohon infonyaa

mala handis said...

Selamat Siang, mohon maaf ni bu lancang :) , sekedar menginfokan, kami adalah supplier Baju Senam Branded, mulai dari crsytal, de almada, body image, sport + dan lain-lain :) . dan kami juga menjual accecoris senam, mulai dari matras, wolmer, handband, dll dech :) , dan hargapun terjangkau, diskon up to 40% , jikalau beliau menginginkan untuk pesan di tokopedia bisa ini link toko kami https://www.tokopedia.com/bajusenamgrosir , apabila menginginkan untuk order langsung kami bisa add pin BB kami 51C7C5D2 atau hubungi ke nomor kami 081.252.666.249 (TSEL) dan 085.891.885.553 (INDOSAT) . Terima kasih

Andi Febrian said...
This comment has been removed by the author.
Andi Febrian said...

Wow, tips yang luar biasa berguna sis, kalo mau info lebih lengkap tentang kebugaran kunjungi ID Get Fit

BEL BEL said...

informasi yang bermanfaat kak,
semakin majju nih, suka banget artikel yang buat sehat,
salah satu nya saya jgua lagi buat blog senamsehat.com

Post a Comment

 
;