Monday, February 27, 2012

Tips Bila Anda Tidak Sempat Berolah Raga

Apakah Anda termasuk salah satu orang yang akan menjawab 'tidak sempat' saat disinggung masalah olah raga? Karena terkadang meskipun Anda sudah menjadwalkan dan merencakannya, namun selalu saja 'kesibukan' Anda mengganggu. Tapi bila Anda tidak sempat berolah raga, berikut ini terdapat sembilan cara bagi Anda agar bisa tetap menggerakan badan Anda.
      Tujuannya adalah menggerakan badan Anda paling tidak 30 menit, tapi tentunya tidak apa-apa untuk memulainya perlahan-lahan. Temukan aktifitas yang Anda sukai, dan Anda hanya perlu beberapa menit dalam sehari untuk bisa mendapatkan manfaat kesehatan. Jangan lupa untuk meminta nasihat dokter bila Anda ingin menaikkan porsi latihan.
  1. Bangun lebih cepat
  2. Cobalah untuk mengatur alarm Anda beberapa menit lebih awal. Lakukan stretching dan jumping jack (gerakan lompat di tempat dan melebarkan kaki dengan tangan ditepukan di atas kepala) sebelum mandi atau mengikuti latihan singkat melalui dvd.
  3. Mencari teman
  4. Berolah raga bersama dengan teman akan terasa lebih menyenangkan dan menjadi motivator yang bagus. Cari teman kerja yang mau berjalan-jalan saat makan siang atau tetangga Anda yang mau untuk memainkan olah raga permaian satu lawan satu seperti basket.
  5. Menyiapkan baju cadangan
  6. Gantilah pakaian kerja Anda dengan pakaian yang lebih santai. Dengan cara seperti ini, Anda akan bisa melakukan aktifitas olah raga saat pulang kantor seperti sedikit jalan-jalan dengan nyaman.
  7. Membuat jadwal untuk berolah raga
  8. Cobalah untuk menyisihkan waktu dengan menjadwalkan kapan saat yang tepat bagi Anda untuk berolah raga. Tulis dalam agenda Anda, membuat memo atau menandainya di kalender sehingga Anda akan merasa ingin untuk melakukannya.
  9. Hargai usaha Anda
  10. Anda bisa melihat atau mencatat kira-kira apa yang bisa membuat Anda untuk bergerak lebih banyak seperti lebih memilih menaiki tangga daripada menggunakan lift atau memilih jalan yang agak memutar untuk kembali ke kantor saat jam istirahat. Setelah Anda sukses melakukannya selama satu minggu, hadiahi diri Anda sebuah sepatu olah raga atau botol minum cantik.
  11. Cipatakan sebuah gym kecil
  12. Bila Anda memiliki perlengkapan untuk berolah raga, disekitar Anda, akan lebih mudah bagi Anda mencuri waktu untuk menggunakannya. Tidak perlu perlengkapan yang besar tentu saja, cukup dengan menggunakan barbel kecil atau skipping.
  13. Bergerak saat Anda nonton TV
  14. jangan hanya duduk diam di depan TV Anda bahkan hingga mengumpulkan snack yang banyak. Saat Anda duduk, cobalah untuk sambil melakukan sit-up atau latihan lain yang dapat mengecilkan perut lainnya di tempat duduk Anda terutama saat iklan ditayangkan.
  15. Bermain dengan anak
  16. Saat anak-anak Anda tengah bermain, jangan hanya diam dan mengawasi mereka saja. Cobalah untuk ikut dalam permainan mereka untuk bermain kucing-kucingan atau lempar-lemparan bola. Jika anak Anda suka bermain game, Nintendo Wii adalah mesin yang tepat karena konsol ini dimainkan dengan cara menggerakan tubuh sehingga semua anggota keluarga bisa terlibat dalam permainan.
  17. Olahraga Saat Bekerja
  18. Ada beberapa aktifitas olah raga yang bisa Anda lakukan saat berada di kantor. Seperti menujulurkan dan mengangkat kedua kaki Anda untuk membentuk otot perut bawah.
      Setelah Anda bisa melakukan latihan-latihan kecil tersebut, cobalah untuk menambah frekuensinya dengan bertahap dan kuncinya adalah mulailah dengan frekuensi kecil. Meskipun Anda memiliki jadwal yang padat, luangkanlah sedikit waktu untuk berolah raga.
      Olah raga yang teratur akan menaikkan energi Anda. Selain membakar kalori, berat badan Anda juga akan lebih stabil. Jika Anda mengatakan tidak sempat berolah raga, sebaiknya Anda mengingat manfaat yang Anda dapatkan dari olah raga yaitu sehat, kuat, berpenampilan menarik dan panjang umur.

0 comments:

Post a Comment

 
;